Menimbang Ekspresi Keagamaan di Ruang Publik

Ekspresi Keagamaan di Ruang Publik
Ekspresi Keagamaan di Ruang Publik

Bermedia.id – Bulan Suci Ramadhan tahun 2022 Masehi (berdasar kalender Islam 1443 Hijriyah) disambut dengan begitu antusias masyarakat Muslim di berbagai belahan dunia. Hampir sekitar 2 tahun-an sudah aktvitas keagamaan karena kondisi pandemi yang melanda dunia membuat masyarakat tidak cukup leluasa dalam praktik keagamaan dengan berbagai bentuk ritual maupun ekspresi budaya yang menandai momentum tersebut.

Pelaksanaan protokol kesehatan (Prokes), di antaranya social disctancing dan penerapan pembatasan wilayah dalam mencegah penyebaran Covid19 yang kemudian bermutasi dengan berbagai virus turunannya seperti Omicron dan menjadi ‘halangan’ dalam melaksanakan prosesi keagamaan yang sebelumnya bebas-terbuka dan melibatkan banyak masyarakat sebagai partisipan maupun penyelenggara acara kegiatan keagamaan.

Bacaan Lainnya

Bersyukur memasuki Ramadhan 2022 tahun ini, seiring dengan menurunnya kasus terpapar virus dan efektifnya penguatan imun dari vaksinasi yang dilakukan secara masif serta terkoordinasi, kondisi menjadi semakin kondusif dan mulai membaik meskipun belum Kembali normal sebelum pandemi. Karena itu tidak mengherankan, rasa lega bercampur bahagia begitu dirasakan berbagai masyarakat di banyak tempat saat memasuki bulan Ramadhan yang mulia penuh berkah ini.

Kondisi Normal

Banyak masyarakat berharap kondisi berangsur normal seperti sebelum pandemi, berkumpul dalam melaksanakan ibadah dan menikmati suasana damai, syahdu dan khusyu’ dalam menjalankan ibadah Ramadhan dengan nuansa religi yang khas. Tidak hanya di tempat-tempat peribadatan suasana religi itu terasa, tapi juga di lingkungan masyarakat tinggal, pusat perbelanjaan seperti mall, supermarket dengan asesoris dan ornamen yang dimunculkan dalam berbagai display khas Ramadhan, juga konten Ramadhan yang tampil baik di media massa seperti suratkabar, majalah, radio, televisi, dan media online termasuk media sosial yang begitu dibanjiri iklan-iklan dan berbagai program bernuansa Ramadhan.

Pos terkait