Tsamara Amany Keluar dari PSI

Tsamara Amany Keluar dari PSI
Tsamara Amany saat mengumumkan pengunduran dirinya sebagai pengurus dan kader PSI. (Dok: Youtube Tsamara)

Bermedia.id – Bukan Tsamara Amany namanya kalau tidak bikin heboh. Kali ini secara tiba-tiba politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu mengumumkan diri berhenti dari jabatan dan anggota partai yang membesarkan namanya.

Pengumuman berhenti itu ia sampaikan sendiri melalui akun Youtube miliknya @Tsamara Amany, Senin (18/4/2022).

Bacaan Lainnya

“Per hari ini saya memutuskan diri sebagai pengurus dan kader PSI. Keputusan ini saya ambil berdasarkan pertimbangan pribadi, saya merasa menemukan perjalanan baru di luar partai politik,” kata Tsamara.

Ia menjelaskan, dirinya akan terus mengabdi kepada Indonesia dengan cara tak terjun ke dunia politik.

“Untuk saat ini saya ingin mengabdi kepada Indonesai dengan cara-cara lainnya. Salah satunya dengan fokus menyuarakan isu perempuan dan mengabdi untuk kepentingan perempuan,” katanya.

Meski begitu, dirinya juga tak menggangap kalau mengabdi dengan cara sebagai kader PSI sebagai langkah yang salah.

“Ini bukan berarti saya merendahkan peran dan efektivitas PSI. Saya tetap percaya, politik dan partai adalah salah satu jalan paling masuk akal untuk membawa perubahan,” katanya.

Ia mengaku keluar dari PSI secara baik-baik tanpa ada sedikitpun konflik dengan kader lainnya.

Pengumuman tiba-tiba itu tentu saja menjadi pembicaraan. Ada spekulasi Tsamara keluar dari PSI untuk pindah partai lain yang lebih besar. Mengingat saat ini partai-partai sedang menyusunan daftar nama calon anggota legislatif.

Sebelumnya banyak orang mengenal Tsamara Amany sebagai politisi muda yang kritis terhadap kebijakan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Berbagai kritik ia sampaikan dengan gaya yang lugas. Oleh beberapa kalangan kritiknya ke Anies terkesan tendensius. Akibatnya politisi lulusan Universitas Paramadina itu sering mendapat kritikan balik dari pengguna media sosial. Meski begitu Tsamara teguh pada pendiriannya. Ia tetap melancarkan kritik dengan argumentasi yang ada.

Itu sebanya keputusan Tsamara mengundurkan dari PSI membuat banyak orang terkejut. Selain Grace Natalie, Giring Ganesha, Tsamara merupakan ikon PSI.

 

Pos terkait